Sabtu, 14 Juni 2014

TENTANG MOTIVASI



MOTIVASI
1.      Motivasi
Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering kali di sebut tidak memiliki motivasi. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. Sebenarnya pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut. Motivasi dari luar adalah motivasi yang pemicunya datang dari luar diri kita, sementara motivasi dari dalam adalah motivasi yang muncul dari inisiatif diri sendiri.
·         Menurut Walgito (2002) :
Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti bergerak atau tomove yang berarti kekuatan dalam diri organisme yang mendorong untuk berbuat (driving force). Motivasi sebagai pendorong tidak berdiri sendiri tapi saling terkait dengan faktor lain yang disebut dengan motivasi.
·         Menurut Caplin (1993) :
Motivasi adalah suatu keadaan, ketegangan di dalam individu yang membangkitkan dan memelihara tingkah laku menuju pada tujuan atau sasaran.
·         Menurut Gunarsa (2003) :
Terdapat dua motif dasar yang mengarahkan perilaku seseorang, yaitu motif biologis yang berhubungan dengan kebutuhan sosial.
·         Menurut Moslow A.H. :
Menggolongkan tingkat motif menjadi enam, yaitu : kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan seks, ksi kebutuhan akan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.
2.      Teori-teori motivasi :
a.       Teori insentif
Yaitu  teori yang mengatakan bahwa seseorang akan bergerak atau mengambil tindakan karena insentif yang yang akan dia dapatkan. Misalnya anda mau bekerja dari pagi sampai sore karena anda tau anda akan mendapat insentif berupa gaji jika anda tau anda akan tmendapatkan penghargaan, maka andapun akan bekerja lebih giat lagi. Yang di maksud insentif bisa tangible atau intangible seringkali sebuah pengakuan dan penghargaan menjadi sebuah motivasi yang besar.
b.      Dorongan biologis
Dalam hal ini yang di maksud bukan hanya masalah seksual saja. Termaksuk di dalamnya makan dan minum saat ada sebuah pemicu atau ransangan tubuh kita akan bereaksi. Sebagai contoh saat kita sedang haus, kita akan lebih haus lagi ketika melihat segelas sirup dingin kesukaan anda. Perut kita akan menjadi lapar saat mincium bau masakan favorit anda.
c.         Teori hirarki kebutuhan
Tiori ini di kenalkan oleh maslow sehinga kita mengenal hirarki kebutuhan maslow. Teori ini menyajikan  alasan lebih lengkap dan bertingkat. Mulai dari kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan akan pengakuan sosial, kebutuhan penghargaan, sampai kebutuhan akan aktualisasi diri.
d.        Takut kehilangan vs kepuasan
Teori ini mengatakan bahwa ada dua faktor yang memotivasi manusia, yaitu takut kehilangan dan kepuasan (terpenuhinya kebutuhan). Takut kehilangan adalah ketakutan akan kahilangan yang yang sudah di miliki. Misalnya seorang yang termotivasi berangkat kerja karena takut kehilangan gaji, ada juga orang yang giat bekerja demi menjawab sebuah tantangan dan ini termasuk faktor kepuasan.
e.         Kejelasan tujuan
Teori ini mengatakan bahwa kita akan bergerak jika kita memiliki tujuan yang jelas dan pasti. Dari teori ini muncul bahwa seseorang akan memiliki motivasi yang tertinggi jika dia memiliki tujuan yang jelas sehingga memperloleh apa yang di maksud dengan goal setting (Penetapan tujuan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar